Kamis, 20 Agustus 2020

Sudahkah kamu berdampak?

 


Matius 5:16


“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5:16

Kehidupan orang percaya adalah kehidupan yang mempengaruhi dunia. Hal ini jelas sekali dari pada yang Tuhan Yesus katakan dalam Mat. 5:13-16, ketika Ia berbicara mengenai garam dan terang dunia. Di sekeliling kita ada begitu banyak hal yang selalu berubah, baik itu perubahan ke arah yang lebih baik atau pun sebaliknya. Perubahan dengan waktu yang sangat singkat atau yang bertahap. Hidup Kekristenan kita juga tidak bisa lepas dengan yang namanya perubahan. Perubahan ini bukan berbicara tentang perubahan yang bersifaf fisik, tetapi sebuah perubahan yang berkaitan dengan pembaharuan hidup orang percaya. Masalahnya, ada orang yang mengaku Kristen tetapi masih terus hidup di dalam dosa dan tidak ada perubahan di dalam dirinya. Orang seperti ini sering kali berdalih dengan mengatakan, “Ya beginilah saya, terimalah saya apa adanya.” Dan ia tidak mau berubah. Dia menjadikan kalimat tersebut sebagai pembenaran untuk tetap tinggal di dalam kebiasaan lamanya. Tuhan menginginkan setiap orang percaya memiliki kehidupan yang berdampak baik bagi dunia.

Supaya kita dapat memberi dampak positif bagi orang-orang di sekitar, kita harus memiliki karakter yang baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang menjadi ciri khas seseorang. Karakter menunjukkan siapa diri kita yang sesungguhnya, apa yang Tuhan katakan tentang kita. Orang Kristen yang berkarakter berarti orang yang tetap menjaga kualitas hidupnya dengan baik sekalipun tidak ada orang yang melihatnya, karena ia tahu Tuhan melihat setiap perbuatannya.

Kini, menjadi tanggung jawab kita sebagai orang-orang yang telah diselamatkan-Nya untuk menyelesaikan pekerjaan Allah di dunia. Tujuan hidup Kristus menjadi tujuan hidup kita di dunia ini. Di mana pun kita hadir, seharusnya kehadiran kita menghasilkan perubahan- perubahan yang baik. Dari pikiran kita, perkataan kita, perbuatan kita, dan cara kita melayani sesama. Jika kita tahu melakukan apa yang Allah kehendaki dalam hidup, maka orang-orang di sekitar kita pasti akan menikmati kehadiran Allah dalam hidup mereka. Sudahkah kehadiran kita memberikan dampak perubahan yang baik bagi orang-orang di sekitar kita?


Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?