Minggu, 21 Juni 2020

Bersyukur: Sebuah Hal Kecil yang Sangat Besar



Lukas 10:21-24.

 

Bersyukur merupakan hal yang sangat penting dalam hidup orang Kristen. Kita dinasihati agar mengucap syukur dalam segala hal sebab itulah yang Allah kehendaki (1Tes. 5:18). Dan di dalam ucapan syukur sudah selayaknya kita mempunyai alasan untuk bersyukur. Bersyukur tanpa alasan yang jelas adalah ucapan kosong di bibir. Melihat ketujuh puluh murid pulang dapat sukacita, Yesus bergembira dalam Roh dan bersyukur.

Dalam bacaan Injil kita mendengar Yesus bergembira dan mengucap syukur kepada Bapa-Nya: “Aku bersyukur kepada-mu, Bapa Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang orang kecil.” Rasa bahagia itu ditunjukkan dan di sampaikan oleh Yesus kepada para murid atas apa yang dilihat dan atas keajaiban-keajaiban yang mereka lihat yaitu kalahnya setan dan berkuasanya Kerajaan Allah. Doa syukur yang diucapkan oleh Yesus kepada Bapa, karena karya-karya agung Bapa telah berkenan menyatakan kepada orang-orang kecil dan lemah bahwa setan telah jatuh sehingga Kerajaan Allah hadir dan berkuasa di bumi. Yesus juga bersyukur atas kuasa yang diberikan oleh Bapa kepada-Nya dan relasi antara Yesus dan Allah Bapa.

Syukur dan ucapan terima kasih harus diaktualisasikan dalam kehidupan kita. Ucapan terima kasih kepada Allah mesti menjadi suatu aspek dalam kehidupan Kristiani. Yesus sendiri telah memberikan contoh kepada kita untuk selalu bersyukur dalam kehidupan. Syukur merupakan bentuk kerendahan hati manusia yang dikehendaki oleh Allah. Kalau kita mampu bersyukur maka kita bisa membangun relasi yang baik dengan Allah dan hidup kita akan menjadi indah dan penuh dengan kedamaian.

Bersyukur adalah satu sikap yang pertama-tama diajarkan kepada anak kecil dalam setiap keluarga. Sikap bersyukur merupakan suatu sikap dasar bagi hidup manusia. Walaupun sering kali sikap bersyukur dilupakan dalam kehidupan manusia. Namun, sikap bersyukur merupakan sebuah jalan menuju kebahagiaan. Mengapa? Karena bersyukur itu indah. Oleh karena itu ijinkan saya bertanya , sudahkah kamu mengucap syukur hari ini?


Bersyukur merupakan bentuk kerendahan hati manusia yang dikehendaki oleh Allah.


Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?