Senin, 22 Juni 2020

Kasih Karunia


Efesus 2:4-5

Efesus 2:4-5 (TB)  Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, 
telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita, oleh kasih karunia kamu diselamatkan.


Kasih karunia adalah pemberian Allah kepada manusia padahal manusia tidak pantas untuk menerimanya. Kasih karunia : Hadiah, anugerah, kemurahan hati, dan karunia”. Dalam Perjanjian Baru kata kasih karunia atau anugerah ini dihubungkan dengan keselamatan dari Allah bagi manusia. Anugerah dan belas kasihan adalah dua istilah yang memiliki arti berbeda.


Kasih Allah yang besar itu, dinyatakan dalam kemurahanNya melalui dua pemberian, yaitu kasih karunia dan rahmat. Tuhan Yesus telah  terlebih dahulu mengasihi kita setiap umatnya, sedangkan kita masih menyimpan kepahitan kepada sesama kita. Kasih itu mampu memaafkan, tidak memendam dan kasih itu sabar seorang akan yang lain. Bagaimana bisa kita mempelajari banyak hal tentang kasih jika kita masih tidak mampu melakukannya? 

Saya pernah mendengar satu kalimat yang membangun "love is the highest lesson" , kasih adalah pelajaran tertinggi. Satu kalimat itu yang saya ingat sampai sekarang ketika saya lupa cara mengasihi dan mengampuni sesama. Ya karena benar saja, seorang Kristen dikenal dengan seorang yang pengasih. Bagaimana bisa seorang pengasih mampu membenci dan menyimpan akar kepahitan dalam dirinya dan sesamanya? Kolose 3:14 (TB)  Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. 

Hal yang dapat kita lakukan untuk menerima kasih karunia Allah itu dengan percaya kepada Yesus Kristus. Rasul Petrus dengan tegas mengatakan, “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.’”. (Kisah Para Rasul 4:12) 

Love is the highest lesson,  kasih adalah pelajaran tertinggi



- Kristiani Teknik Lingkungan ITERA -

1 komentar:

Nixonyosafat mengatakan...

Amin, haleluya :)

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?