Jumat, 26 Juni 2020

Mengasihi Berarti Mengenal Allah


1 Yohanes 4:8 (TB)

Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. 

Sebagai orang Kristen, kita telah memahami dan mengenal kasih. Allah telah terlebih dahulu memberikan kasihNya melalui Tuhan Yesus. Beberapa ayat dan juga perumpamaan dalam alkitab juga telah cukup jelas mengenai kasih. Namun, dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan kita masih terbilang minim. Misalnya saja saat seseorang dalam kesusahan, masih banyak dari kita berpikir panjang bahkan masih enggan menunjukkan kasih melalui pertolongan kita kepada mereka. 

Tuhan Yesus sungguh luar biasa dalam memberikan kasihNya pada kita. Dia bahkan mengajarkan bahwa musuh sekalipun harus kita kasihi bahkan doakan. Berbicara dengan kasih, ada sebuah ilustrasi yang menggambarkan kekuatan kasih. Suatu hari ada seorang ibu hamil yang sedang pergi ke pasar dengan menggandeng anaknya yang masih balita. Ditengah perjalanan ibu merasakan sakit yang luar biasa, kemungkinan dia akan segera melahirkan.

Tak lama kemudian orang-orang sudah mengerumuni ibu tersebut. Namun, tidak seorang pun berani menolong karena ibu tersebut memang mengalami pendarahan yang sangat banyak. Tiba-tiba ada seorang remaja muda mulai mendekati ibu dan memberikan pertolongan pertama. Sebenarnya dia bukanlah ahli medis, hanya saja dia merasa ada yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama sebelum ambulance datang. Akhirnya, ibu dan anaknya pun bisa selamat setelah dilakukan operasi di sebuah rumah sakit.

Berdasarkan ilustrasi ini dapat kita lihat bahwa kasih itu tidak harus memiliki kemampuan tinggi melainkan dari ketulusan hati. Ingatlah ketika kita membuka hati untuk mengasihi sesama kita maka Tuhan melalui Roh Kudus akan memberikan kita hikmatNya. Dan yang terpenting adalah orang yang benar-benar mengenal Allah ialah yang mau dan bersedia mengasihi siapapun dalam hidupnya. Hendaklah kita saling mengasihi karena Tuhan Yesus telah terlebih dahulu mengasihi kita.


Pribadi yang mengenal Tuhan akan bersedia mengasihi siapapun dalam hidupnya


- Kristiani Teknik Lingkungan ITERA -

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?