Senin, 06 Juli 2020

Berhikmat dalam Hidup



Mazmur 111:10


Mazmur 111:10 (TB)  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya. 


    Hikmat dalam Alkitab bisa berarti; pengertian (Ayub 39:17), kebijakan, atau bijaksana (Mazmur 136:5). Hikmat berkaitan dengan pendewasaan dan pengalaman kehidupan yang telah kita lalui. Parameter seseorang berhikmat bukan dilihat dari kepintaran yang dia miliki. Pintar belum tentu berhikmat,  berhikmat sudah pasti pintar. 

    Banyak yang kita temui, karena kepintaran yang seseorang miliki dia menjadi angkuh dan egois. Sikap hati yang salah dapat mampu mengubah hal baik menjadi buruk. Hikmat terletak pada sikap hati (1 Raja-raja 3:9), yang membuat seseorang berpengertian, bijaksana. Hikmat berasal dari Tuhan, istilah hikmat Allah dan hikmat manusia bukanlah menunjukkan dua sumber hikmat, melainkan menunjukkan kedekatan orang yang berhikmat. Orang berhikmat akan  selalu mendekatkan dan memposisikan dirinya kepada takut akan Tuhan.

    Hikmat yang dimiliki setiap dari kita pasti berbeda-beda. Hikmat merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia karena kesetiaan umat manusia kepada Tuhan. Apabila kita ingin menjadi manusia yang berhikmat, dekatkanlah diri kita kepada Tuhan, takutlah akan Dia. Memiliki hikmat artinya kita memiliki akal budi yang baik yang akan membawa kita kepada masa depan yang terbaik. Jadi, dengan hikmat manusia (yang bergantung pada dirinya sendiri), tidak akan mampu mengerti Allah yang adalah sumber hikmat


___________________________________________________________________________________
✨Blog : https://renungankristentlitera.blogspot.com/?m=1
✨ Instagram: https://instagram.com/kristianiteklingitera?igshid=x2u4zsfhe4yp
✨▶️ : Kristiani Teknik Lingkungan ITERA
✨📧 : kristianitlitera7@gmail.com

- Kristiani Teknik Lingkungan ITERA -

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?