Jumat, 28 Agustus 2020

Tuhan Membuat Segala Sesuatu Indah Pada Waktunya

 

Pengkhotbah 3 : 11

    Manusia biasanya selalu membuat rencana-rencana dalam kehidupannya. Contoh kecilnya aja merencanakan keuangan agar lebih hemat. Namun jauh dari itu manusia juga punya banyak rencana terutama untuk masa depan. Seseorang sering berkata aku akan seperti ini tahun depan. Atau akan sukses 5 tahaun lagi. Tidak ada yang salah dengan rencana indah yang disusun oleh manusia. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua yang kita rencanakan adalah yang terbaik untuk kita menurut Tuhan. Bisa aja apa yang telah kita susun dengan baik adalah hal yang akan berdampak buruk bagi kita.

    Saul menduduki posisi sebagai raja tidak begitu lama karena dia tidak memahami waktu Tuhan. Dia hanya mengandalkan pemikirannya sendiri. Dia merencanakan apa yang menurutnya benar. Padahal sikap yang selalu mengandalkan rencana sendiri itu membawanya kepada kebinasaan. Orang israel sewaktu keluar dari tanah mesir juga bersungut-sungut karena tidak betul-betul memahami rencana Tuhan.Tetapi lain halnya dengan keluarga abraham yang patuh dan mengerti rencana Tuhan. Bahkan dia mau pergi ke suatu tempat yang tidak diketahui apa yang akan ditemukannya disana. Bhkan dia tidak tau nama tempat yang akan dia tuju. Tetapi dia yakinkan semua pada Tuhan. Dia yakin waktu Tuhan itu yang terbaik. Begitu juga dengan janji Tuhan untuk memberikan dia keturunan. Sesuatu yang mustahil jika dipikirkan secara manusiawi. Tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil

    Nah, itulah yang sering terjadi dalam hidup kita. Kadang kita akan sangat kecewa ketika apa yang kita rencanakan bukanlah apa yang terjadi. Hal ini juga sering kali menjadi alasan kita untuk berbalik dari Tuhan. Tapi satu hal yang perlu kita pahami “ rencana Tuhan kadang bukannlah yang kita inginkan tetapi rencana Tuhan adalah yang terbaik”. Bukan tidak baik kalo kita membuat rencana, tetapi yang penting dari sebuah rencana adalah andalkan Tuhan. Ketika tidak sesuai dengan yang kita mau, berdoalah tanyakan pada Tuhan apa yang sebenarnya Tuhan ingin saya perbuat dalam hidup ini. Jangan langsung merasa gagal. Tuhan itu dahsyat bahkan sangat luar biasa. Tuhan akan selalu memelihara anak-anakNya.

 

Tetaplah berpengharapan pada Tuhan dan Andalkan Tuhan dalam setiap musim hidupmu

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?