Kamis, 03 September 2020

Tokoh Alkitab : Debora

 


Debora

"Jawab Barak kepada Debora: 'Jika engkau turut maju akupun maju, tetapi jika engkau tidak turut maju akupun tidak maju.'"  Hakim-Hakim 4:8

 

Debora adalah wanita yang sangat bertalenta dalam Alkitab. Seorang nabiah (yang menerima firman Allah untuk disampaikan kepada umat-Nya), istri Lapidot sebagai seorang hakim yang memimpin Israel. Debora dipakai Tuhan untuk mengatakan kepada Barak bahwa Tuhan memerintahkan Barak untuk memimpin pasukan untuk melawan Sisera. Maksud Debora menyuruh Barak maju sendiri adalah untuk memberi kesempatan supaya Barak sendiri yang akan dikenang dalam sejarah perjuangan orang-orang Israel pada waktu itu. Namun, Barak mengatakan “jika kamu ikut maka aku akan ikut”. Terlihat Barak menolak maksud Debora, karena Barak sedang dikuasai oleh ketakutan terhadap kekuatan musuh.

Barak berpikir bahwa tidak mungkin mampu untuk mengalahkan mereka yang begitu banyak dengan sembilan ratus kereta besi, mungkin zaman sekarang kita kenal seperti tanki. Yang berarti alat perang yang digunakan Sisera begitu canggih pada waktu itu. Hal ini yang membuat Barak takut untuk maju berperang melawan musuh-musuh mereka.

Melihat kondisi pada saat itu, tidak mampu mencegah Debora untuk tampil sebagai seorang pemimpin utama.  Sehingga dalam keadaan yang sulit dan kritis, Debora dapat tampil sebagai panglima perang dan memerintah di Israel.  Karena kebenaran, Debora berani maju berperang memimpin bangsa Israel bersama dengan Barak.  Keberanian yang Debora lakukan bukan sembarang berani, namum Debora berani karena kebenaran ilahi.  Yang menarik dalam bagian ini adalah keberanian Debora mengadili pemimpin bangsa.

Sebagai seorang perempuan, Debora adalah pemimpin yang tangguh dan berwibawa, serta memiliki pengendalian emosi yang baik dan juga bijaksana. Debora tidak hanya berani menghakimi para pemimpin bangsa, dan dalam pertempuran saja, namun Debora berani mengambil kesempatan untuk memimpin bangsa Israel.

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?