Kamis, 10 September 2020

Tokoh Alkitab Ester

 


Wanita Kristen,Muda dan Dipakai Allah?Pasti Bisa!

Serial Biblical : Ester

Ester menjadi sosok di dalam Alkitab yang menarik untuk dipelajari. Ester adalah seorang gadis Yahudi yatim piatu. Dikisahkan bahwa Ester memiliki nama asli Hadasa,anak Abihail. Kisah Ester dan raja Ahasyweros ini terjadi sekitar tahun 483 SM. Kerajaan Raja Ahasyweros ini sangat besar; bahkan pada kenyataannya, adalah kerajaan terbesar yang pernah ada di dunia. Kerajaannya meliputi wilayah yang sekarang dikenal sebagai Turki, Irak, Iran dan Semenanjung Arab bahkan ke sebagian wilayah Afrika.

Ester harus keluar dari lingkungan yang dikenalnya dan meninggalkan orang yang telah membesarkan dan yang dikasihinya, yaitu pamannya, Mordekhai, karena ia kini ditempatkan di istana untuk menjadi permaisuri atau ratu menggantikan ratu sebelumnya,yaitu Ratu Wasti. Ratu Wasti diberhentikan dari jabatannya sebagai Ratu karena enggan tampil tanpa busana dan memperbaiki lihatkan kecantikannya di depan umum. Raja Ahasyweros yang terkenal keras menjadi marah dan mengusirnya dari kerajaan. Setelah itu,raja mengambil keputusan untuk mencari permaisuri baru untuk menggantikan Ratu Wasti.

Setelah Ester telah ditahbiskan menjadi Ratu secara resmi,raja Ahasyweros menunjuk seorang yang jahat untuk mengurus urusan-urusan kerajaannya. Orang ini bernama Haman, dan ia membenci orang-orang Israel. Paman Ester, Mordekhai, mengetahui hati orang jahat ini dan tahu bahwa Haman membenci orang Israel. Haman memanipulasi dan memakai berbagai cara agar ia dapat menduduki posisi kekuasaan dari mana ia akan dapat menghancurkan orang-orang Yahudi, sehingga Mordekhai meminta bantuan Ester untuk mengatasi persoalan ini

Ester yang masih muda mau dipakai sebagai alat Tuhan untuk menyelamatkan bangsanya. Dengan segala akal dan kebijaksanaan dari Tuhan,Ester mampu untuk membaca situasi dan meyakinkan raja dengan lembut dan halus.Ia menerima amanat dan perintah Tuhan lewat pamannya,Mordekhai.Tuhan dapat memilih siapapun untuk menjadi alatnya Tuhan. Walaupun Mordekhai hanyalah seorang manusia biasa, namun Ester mendengarkan perkataan Tuhan.Wanita Tuhan mau mendengar apa perkataan Tuhannya. Penasaran dengan akhir kisah perjuangan Ester? Nantikan kelanjutan serial Tokoh Ester ya!

Berlakulah Bijaksana, Kendalikan Emosimu,Berjalanlah didalam Koridor Tuhan

 

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?