Senin, 07 September 2020

Tokoh Alkitab: Hana

 


Mengenal Hana

1 Samuel 2: 1-2

Lalu berdoalah Hana , katanya: "Hatiku bersukaria karena TUHAN, tanduk  kekuatanku ditinggikan oleh TUHAN; mulutku mencemoohkan  musuhku, sebab aku bersukacita karena pertolongan-Mu. Tidak ada yang kudus  seperti  TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu  seperti Allah kita.

Hana merupakan istri yang dinikahi oleh Elkana. Tentu hal ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Hana. Namun, pernikahannya dengan Elkana menjadi masalah karena Hana tidak kunjung memiliki anak (mandul).

Seorang istri yang mandul biasanya dianggap sebagai sebuah aib dalam pernikahan. Hana mengalami tekanan sosial dan juga psikologis. Demi melanjutkan keturunan, terpaksa Elkana menikah lagi dengan Penina. Dari pernikahan Elkana dan Penina merekapun menghasilkan anak. Penina menggunakan keadaan ini untuk menyakiti Hana. Suatu perbuatan yang sangat kejam. Hal ini terjadi dari tahun ke tahun hingga menyebabkan kepedihan yang mendalam bagi Hana.

Walaupun Hana diperlakukan sedemikian rupa oleh Penina, Hana terus membangun relasi dengan Allah. Hana membawa hidup dan pergumulannya kepada Allah. Iman dan doa yang dilakukan dengan tulus, kerendahan hati dan mengakui kuasa Allah tidak akan pernah sia-sia untuk dilakukan. Allah mengabulkan dan menjawab doa Hana dengan memberikannya anak, yaitu Samuel.

Allah selalu mendengar doa orang benar yang disampaikan dengan kesungguhan hati (Yakobus 5:16). Ingatlah bahwa Kristus telah membenarkan kita (1 Korintus 1:30) dan karena itu kita juga bisa dengan penuh keberanian menghampiri-Nya untuk menerima apa yang kita minta dari-Nya. (Ibrani 4:14-16).

Hana adalah seorang pendoa. Hana mengalami apa yang kebanyakan dari kita menyebutnya “getirnya kehidupan". Hana tidak menyerah. Hana terus mencari Allah. Hana mencurahkan seluruh isi hatinya kepada-Nya, dan Allah menjawab doa setiap anak-anak yang rindu kepada-Nya.

 

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?