Senin, 27 Juli 2020

Hidup Baru dalam Kristus

Efesus 4:26-32

Efesus 4:30, 32 (TB)  Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Hidup baru adalah gaya baru, gaya yang berbeda dengan sebelumnya. Kejujuran harus menjadi warna dalam hidup kita, berkatalah benar seorang terhadap yang lain. Hidup baru suatu teladan yang harus selalu menjadi ciri khas hidup kita. Gaya baru menunjukkan perubahan kuliatas dalam hidup kita. Menjadi Kristen itu bukan karena kita lahir di keluarga kristen, bukan karena orangtua kita Kristen, dan juga bukan karena kita beribadah ke gereja setiap hari minggu. Menjadi Kristen diawali dengan sebuah titik balik yang disebut dengan lahir baru! Yakni mengaku dosa, meminta ampun atas dosa, mengaku percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hidupnya. Tanpa kelahiran baru, kekristenan kita hanyalah Kristen tradisi, kristen agamawi.

     Seseorang yang memiliki hidup baru adalah seorang yang telah meninggalkan kebiasaan buruknya yang pernah menjadi kebiasaan dalam dirinya. Yang dahulu menjadikan dunia sebagai tolak ukur dalam hidupnya, dan sekarang menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidupnya. Bagaimanakah kita dapat selalu berada dalam hidup baru? Pertolongan, hikmat dan anugerah dari Tuhan akan selalu memampukan kita melakukan yang terbaik dalam Kristus Tuhan.

Prinsip yang penting kita lakukan tentang hal orientasi, memikirkan Tuhan bukan manusia, artinya seluruh orientasi kita sudah tidak lagi antroposentris, melainkan telah menjadi teosentris, berpusat kepada Tuhan, setiap apapun yang akan kita lakukan atau putuskan selalu mengacu kepada kehendak Tuhan. Memikirkan Tuhan bukan manusia, menjadikan Tuhan acuan. Hidup baru akan menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik dalam Kristus, menjadikan kepuasan jiwa kita, menenangkan pikiran kita. Kasih Tuhan akan selalu berada dalam diri kita, dalam setiap langkah yang akan kita ambil dalam hidup ini. Hiduplah dalam kasih, dalam Kristus, jadilah teladan agar kamu dapat menunjukan hidup baru yang kamu miliki bersama Kristus Yesus.

 

Hidup baru akan mengarahkan pikiran kita terpusat dalam Kristus


Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?