Sabtu, 11 Juli 2020

Hikmat yang Tak Ternilai

Amsal 3 : 13-16

Hikmat yang paling baik adalah hikmat yang berasal dari Tuhan dan bukan hanya sekedar hikmat yang berasal dari manusia. Bagaimana cara kita mendapatkan hikmat dari Tuhan? Pada Amsal 9:10 tertulis bahwa hikmat didapatkan dengan cara takut akan Tuhan.

Takut akan Tuhan akan membentuk sikap hati kita untuk belajar menghormati Tuhan dan menjalin hubungan yang dekat dengan Tuhan. Memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan, akan membentuk kita serupa dengan Tuhan. Dengan hal itu tentunya pola pikir dan pandangan kita pun akan menjadi sama dengan Tuhan, dan secara otomatis hikmat Tuhan pun akan turun atas kita. Alkitab mengatakan bahwa ada dua kegunaan hikmat yang berguna bagi orang-orang yang takut akan Tuhan. Pertama, hikmat akan melepaskan kita dari jalan yang jahat dan menyimpang. Kedua, hikmat akan melepaskan kita dari hal yang menyesatkan.

Dengan hikmat yang berawal dari takut akan Tuhan, kita akan mendapat pengertian, kita akan menjadi bijaksana dan bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Mana yang madu, mana yang racun secara tepat. Kita akan bisa membedakan keduanya dengan mudah jika kita memiliki hikmat. Betapa pentingnya hikmat ini agar kita tidak salah jalan, terperangkap, tersandung dan jatuh. Itulah sebabnya mengapa hikmat ini jauh lebih bernilai ketimbang emas, perak, permata serta keinginan/kekayaan lainnya yang pernah kita impikan.

Jika demikian, seandainya pilihan itu jatuh kepada kita, jangan sampai salah menentukan pilihan. Lupakan segala kenikmatan-kenikmatan daging karena semua itu bukanlah yang terutama, melainkan pilihlah sebuah pilihan yang berkenan bagi Kerajaan Surga.

Pengertian hikmat jauh lebih luas dari sekedar kepintaran, kecerdasan, maupun kecerdikan. Alkitab mengatakan bahwa seseorang yang berhikmat akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik. Selain itu dikatakan juga bahwa orang yang memiliki hikmat di dalam hatinya akan memiliki pengetahuan, kebijaksanaan, dan kepandaian, untuk menyenangkan, memelihara, dan menjaga kita dalam kehidupan kita.

Hikmat lebih bernilai dari sebuah permata dan menjadikan hidup lebih terpelihara.

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?