Sabtu, 01 Agustus 2020

Anugerah yang Murni

Efesus 4 : 23-24

Mungkin kita bertanya-tanya, apa dan bagaimana itu lahir baru? Lahir baru dinyatakan dengan percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi. Dengan kata lain percaya bahwa Yesus ada tidak menjamin seseorang dapat mengalami lahir baru. Ada dua alasan mendasar kenapa lahir baru menjadi hal penting bagi orang percaya. Pertama, agar manusia dapat mengalami kasih Allah secara pribadi dalam Yesus Kristus. Kedua, karena tujuan akhir dari iman Kristen adalah menjadi serupa dengan Allah.

Lahir baru adalah suatu proses hidup manusia yang tadinya mati, kemudian hidup melalui air dan karya Roh Kudus. Lahir baru menjadi hal yang penting bagi orang percaya, sebab dengan lahir baru seseorang dapat mengalami kasih Allah secara pribadi dalam hidupnya, yaitu persekutuan yang lebih dekat dengan Yesus Kristus. Akan tetapi perlu disadari bahwa kita tidak diselamatkan untuk sekedar berada dalam keadaan yang manis dan menyenangkan. Namun kita diperbaharui sebagai ciptaan baru dan dikembalikan seperti keberadaan kita sebagai gambar Allah melalui kelahiran baru.

Seorang Kristen sejati, sangat memahami bahwa menjadi serupa dengan Allah dalam Kristus adalah tujuan akhir dari imannya. Akan tetapi untuk mencapai titik itu, lahir baru adalah awal dari pencapaiannya. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh manusia seorang diri, atau dengan kata lain hanya kuasa Allah yang dapat melakukannya. Mengapa? Karena kelahiran baru bukan berbicara mengenai fisik manusianya yang dilahirkan melainkan roh dari seorang manusia yang dilahirkan kembali karena setelah jatuh kedalam dosa roh dan jiwa manusia mengalami kematian rohani (Kejadian 3:3).

Jadi, ketika seseorang telah didiami oleh Roh Kudus, ia hidup tidak berdasarkan kehendaknya sendiri melainkan keinginan dari Roh Kudus yang adalah kehendak Bapa yang nyata dalam Anak-Nya yaitu Yesus Kristus. Kehidupan orang percaya yang telah diubahkan dari kematian karena kuasa maut menjadi hidup yang kekal (lahir baru), yang merupakan pemberian semata-mata atau kasih karunia.

 

Menjadi serupa dengan Allah adalah tujuan akhir dari iman.


 


Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?