Senin, 10 Agustus 2020

Teladan Dalam Bersikap

 


Yohanes 13:15 

Yohanes 13:15 (TB)  sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Teladan adalah sesuatu yg patut ditiru atau baik untuk dicontoh. Menjadi seorang teladan yang benar bukanlah hal yang mudah, tetapi semua orang pasti dapat melakukannya tanpa terkecuali. Banyak sekali tokoh Alkitab yang dapat menjadi teladan atau role model kita dalam bersikap dan berpikir. Teladan yang dibahas adalah teladan seorang tokoh Alkitab bernama Naomi.

Naomi adalah seorang yang penuh  kasih,  perhatian, menjadi teladan,  dan perkataannya penuh berkat bukan kutuk atau hal kesia-siaan lainnya.  Banyak yang dapat kita jadikan teladan di era modern ini, lingkungan sekitar kita yang membangun pertumbuhan iman dan hidup kita.  Kita boleh saja bergaul dan bersosialisasi dengan siapapun, namun tetaplah pertahankan jati diri dan keteladanan yang ada dalam diri kita kepada mereka yang kurang berkenan sikapnya, jadikan kita sebagai cahaya ditengah-tengah mereka.

Ada sebuah kata-kata bijak seperti ini, "Tindakan kita berbicara lebih keras daripada perkataan kita." Hal ini adalah bicara tentang keteladanan hidup, jika kehidupan kita mencontohkan apa yang baik, maka tidak perlu kita bicara banyak, maka kehidupan kita akan menjadi panutan. Sebaliknya jika kita banyak bicara dan mengajarkan semua yang baik tapi tidak pernah melakukannya, maka apa yang kita katakan tidak akan didengar.

Saya percaya teladan kehidupan Naomi sebaik perkataannya yang bijak, sehingga para menantunya sangat mencintainya. Dengan cara demikian Naomi memperkenalkan Tuhan Allah Israel yang hidup kepada kedua menantunya tersebut. Mari kita teladani Naomi dan tokoh-tokoh Alkitab lainnya dalam hal iman,  teladan dan kepercayaan kepada Bapa di Surga. Tuhan Yesus memberkati


Sikap yang benar akan menunjukkan keteladanan kita kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?