Senin, 14 September 2020

Serial Tokoh Alkitab : Ehud

 

EHUD,KIDAL DAN CERDIK,HAKIM PILIHAN ALLAH

Hakim-hakim 3:15 (TB)  Lalu orang Israel berseru kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan bagi mereka seorang penyelamat yakni Ehud, anak Gera, orang Benyamin, seorang yang kidal. Dengan perantaraannya orang Israel biasa mengirimkan upeti kepada Eglon, raja Moab.

    Ehud adalah salah satu tokoh Alkitab di kitab Hakim Hakim yang asal usulnya dijelaskan secara singkat sekali. Ehud adalah anak Gera, orang Benyamin, seorang yang kidal. Siapakah Gera? Tidak dijelaskan siapa Gera, hanya saja yang menarik adalah keterangan bahwa Ehud berasal dari suku Benyamin yang dalam bahasa Ibrani berarti ‘son of the right-hand’. Nama Benyamin, si anak tangan kanan, muncul bersamaan dengan keterangan bahwa Ehud justru adalah ‘the left-handed’. Status Ehud yang kidal bukan sekedar pemaparan kondisi fisiknya, tapi hal ini nantinya akan menunjukkan ‘kebaikan’ yang ditimbulkan dari keburukan. Mengapa? Bagi orang yang hidup di dunia Timur Dekat Kuno, tangan kanan melambangkan tangan persahabatan, sedangkan tangan kiri menggambarkan penghinaan. Catatan tentang tangan Ehud berbicara langsung kepada para pembaca bahwa kondisi fisiknya menyampaikan sesuatu yang tidak lazim dan tidak baik untuk orang di era itu.

    Pada waktu itu Tuhan menghukum bangsa Israel dan menyerahkan mereka di bawah penjajahan raja Moab yang bernama Eglon.Nama Eglon berarti "Sapi Muda" atau "Sapi Gemuk".Hal ini sesuai dengan perawakan Raja Eglon yang memiliki tubuh gendut.Selama 18 tahun bangsa Israel direndahkan dan diperas  oleh bangsa Moab, dan saat berada dalam kesesakan dan penderitaan inilah bangsa Israel berseru-seru kepada Tuhan dan meminta pertolongan.Tuhan pun membangkitkan pembebas bagi mereka yaitu Ehud.Secara fisik Ehud memiiki banyak kekurangan. Ia bukan hanya cacat kidal, tapi tangan kanannya juga cacat sehingga ia harus menggunakan tangan kirinya untuk melakukan apa pun. Namun Tuhan memakai hidup Ehud secara luar biasa. Kelemahan yang dimiliki Ehud justru menjadi senjata yang digunakannya untuk menyelamatkan bangsanya.Tuhan memberikan Ehud kecerdikan dan keberanian untuk mengerti dan menyusun strategi yang tepat. Keberanian adalah sifat seorang ksatria kerajaan Allah.Penasaran dengan kelanjutan kisah Ehud? Nantikan serial Ehud selanjutnya! God Bless

Kekuranganmu Bukanlah Penghalang Untuk Anda Dipakai Tuhan

Tidak ada komentar:

BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?

 [KRISTIANI TEKNIK LINGKUANGAN ITERA] [SABTU, 20 MEI 2023] BERKAT APA SAJAKA YANG KITA TERIMA SEBAGAI ANAK ALLAH?